Presentasi E-Learning Kimia Hasil Pengembangan
E-learning
Telegram mulai diperkenalkan pada 14
agusts 2013 ke perangkat IOS, kemudian ke android pada tanggal 20
Oktober 2013. Dari segi interface, telegram mempunyai tampilan yang
rapi, bersih, dan sederhana. Memiliki teks pesan yang stndar, juga
memiliki fitur secret chat yang memungkinkan pesan bisa
tersimpan secara rahasia yang hanya mampu diakses oleh si penerima dan
pengirim pesan. Dari segi fitur, telegram juga tak kalah dengan aplikasi
lain, misalnya :
- Grup , sebagian besar aplikasi pesan instan memiliki fitur grup, akan tetapi yang membuat berbeda pada telegram adalah kemampuannya dalam menampung 5.000 lebih orang dan pesan yang dikirim di grup juga akan terenkripsi
- Channel, fitur ini hampir mirip dengan fitur yang dipunyai Black Berry Massenger. Meski berbeda tipis dengan grup, channel dapat difungsikan untuk kegunaan yang lebih luas, misalnya untuk brand atau perusahaan. Disana mampu mendaapatkan anggota tak terbatas , menyebarkan informasi terbaru dan menjangkau anggota dengan cepat dan gratis.
- Keamanan, telegram handal dalam hal kemanan. Mereka menerapkan skema enkripsi simetrik bernama MTProt
Sebagai seorang guru haruslah mampu mengikuti perkembangan teknologi yang
ada, guna mempermudah dalam pengajaran dan mendapatkan hasil yang optimal bagi
mata pelajaran yang diampunya. Penerapan dari e-learning pada semua mata
pelajaran itu sendiri telah berlangsung sejak 10 tahum lamaya. Semua guru tidak
dapat lagi menghindari hal ini. Mau tidak mau, suka tidak suka, semua guru
haruslah mampu menggunakan teknologi yang ada dan harus mampu menrapkannya
untuk mata pelajaran yang ia mampu.
banyak situs E-learning yang dapat kita gunakan sebagai seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. berikut merupakan contoh e-learning
banyak situs E-learning yang dapat kita gunakan sebagai seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. berikut merupakan contoh e-learning
permasalahan:
1. apa kendala terbesar yang mungkin di alami siswa dan guru jika menggunakan media ini?
Assalammualikum saya akan mencoba menjawab, E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian E-learning dari berbagai sumber: 1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran(Michael, 27:2013). 2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Ardiasyah, Evan, 56: 2013). 3. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan peserta didik(Ardiasyah, Evan, 56: 2013).
BalasHapusPermasalahan yang dihadapi sekolah saat ini adalah pada tingkat kesiapan peserta belajar, guru, infrastruktur sekolah, pembiayaan, efektifitas pembelajaran, sistem penyelenggaraan dan daya dukung sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi Komunikasi.
Berkenaan dengan hal tersebut,ada beberapa kendala yang dihadapi disekolah-sekolah seperti:
1. Tidak semua peserta didik memiliki kemampuan ekonomi yang sama. Kemiskinan peserta didik merupakan kendala utama. Masih banyak penduduk Indonesia berada pada garis kemiskinan.
2. Belum terbentuknya budaya belajar mandiri di kalangan peserta didik. Peserta didik masih ada ketergantungan dengan guru atau dosen dalam pembelajaran.
3. Elearning berbasis telegram belum menjadi kebutuhan bagi peserta didik sebagai sumber belajar. Diktat dan buku wajib masih mendominasi sumber belajar, terutama di daerah-daerah. Internet digunakan masih pada taraf pemenuhan kebutuhan akan hiburan dan tukar informasi.
4. ELearning berbasis telegram belum menjadi kebutuhan guru dalam memperkaya sumber belajar peserta didiknya. Masih ada guru merasa sangat penting dan harus menyampaikan sendiri materi pelajaran pada peserta didiknya. Banyak terjadi dikalangan guru mempertahankan sikap “statis”nya dikarenakan mereka beranggapan bahwa guru adalah sumber ilmu. Gejala ini pada umumnya terjadi pada guru yang sudah lama (senior) dalam mengajar.
Menurut literature yang saya baca.
Terimakasih atas jawabannya saudari sri
HapusMenurut saya kendala paling besar guru menggunakan telegram dan aplikasi lain yaitu susahnya jaringan internet apa lagi dipelosok dan desa yang belum terjangkau jaringan dan juga membutuhkan biaya lumayan besar untuk membeli kuata, terimakasih
BalasHapusBenar,kendala yang didaoat guru dan siswa di sini juga taidak ada nya suatu tatap muka yang dapat melihat sudah sejauh mana kemampuan siswa dan aktivitas yang dilakukan siswa saat melakukan proses belajar.Guru tidak dapat memantau perkembangan siswa tersebut
Hapusbelajar secara offline tetaplah yang terbaik. Tidak ada yang bisa menggantikan proses belajar mengajar saat berinteraksi dengan guru dan berdiskusi dengan murid lainnya dibandingkan dengan media apapun. Sebisa mungkin, ikutilah pembelajaran secara offline. Datangilah kelas-kelas atau perpustakaan, berdiskusilah dengan para ahli karena begitulah cara belajar terbaik yang dicontohkan para pendahulu kita.
BalasHapusHanya saja, tidak semua orang bisa mendapati kondisi ideal untuk mengikuti pembelajaran secara offline. Jarak yang jauh, biaya yang mahal, waktu yang terbatas, guru yang sulit ditemui dan berbagai kendala lainnya menyebabkan pembelajaran secara online menjadi pilihan yang harus diambil.
Terimaksih atas jawabannya,Saya sependapat dengan anda.
HapusMenurut saya kendala yang dialami adalah jaringan selain itu juga penggunaan ini tidak menutup kemungkinan siswa akan membuka chat lain pada telegram dan kurang terfokus pada pembelajarannya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus